Senin, 05 April 2010

Analog. Digital. What’s the Difference




Sebagai teknologi, analog adalah proses mengambil sinyal audio atau video (dalam banyak kasus, suara manusia) dan menerjemahkannya ke dalam pulsa elektronik. Digital di sisi lain adalah melanggar sinyal ke format biner dimana data audio atau video diwakili oleh serangkaian "1" s dan "0" s. Cukup sederhana saat itu perangkat telepon analog atau digital, fax, modem, atau juga-bahwa tidak semua dikonversi untuk Anda.


Pada sistem analog, terdapat amplifier di sepanjang jalur transmisi. Setiap amplifier menghasilkan penguatan (gain), baik menguatkan sinyal pesan maupun noise tambahan yang menyertai di sepanjang jalur transmisi tersebut. Pada sistem digital, amplifier digantikan regenerative repeater. Fungsi repeater selain menguatkan sinyal, juga “membersihkan” sinyal tersebut dari noise. Pada sinyal “unipolar baseband”, sinyal input hanya mempunyai dua nilai – 0 atau 1. Jadi repeater harus memutuskan, mana dari kedua kemungkinan tersebut yang boleh ditampilkan pada interval waktu tertentu, untuk menjadi nilai sesungguhnya di sisi terima.

Apakah satu teknologi yang lebih baik daripada yang lain? Analog telah ada selama puluhan tahun. Ini bukanlah konsep yang rumit dan itu cukup murah untuk digunakan. Itulah sebabnya mengapa kita bisa membeli telepon $ 20 atau menonton beberapa stasiun TV dengan menggunakan antena ditempatkan baik. Masalahnya adalah, sinyal analog memiliki keterbatasan ukuran berapa banyak data yang mereka dapat bawa. Jadi dengan $ 20 kita telepon dan TV murah, kami hanya mendapatkan begitu banyak.



Pengertian Sistem Digital

Sistem digital adalah sistem yang memproses atau memanipulasi data dalam bentuk digital. Antara sistem digital yang utama adalah komputer digital dan kalkulator. Ada sesetengah sistem mempunyai kedua-dua litar analog dan digital. Dalam sistem seperti ini, penukar (converter) diperlukan. Terdapat dua jenis penukar iaitu penukar analog-ke-digital (ADC) dan penukar digital-ke-analog (DAC)

Secara mudahnya, digital itu adalah 0 dan 1, atau logika biner, atau diskrit, sedang analog adalah continous. Digital bisa dilihat sebagai analog yang dicuplik/di sampling, kalau samplingnya semakin sering atau deltanya makin kecil, katakan mendekati nol, maka sinyal digital bisa terlihat menjadi analog kembali. Menghitung sinyal digital lebih gampang karena diskrit, sedang analog anda harus menggunakan diferensial integral.
.

Teknologi digital mengistirahatkan suara anda (atau televisi) sinyal ke biner-serangkaian kode dari 1s dan 0s-transfer ke ujung yang lain di mana perangkat lain (ponsel, modem atau TV) mengambil semua nomor dan reassembles mereka ke dalam sinyal asli. Keindahan digital adalah bahwa ia tahu apa yang seharusnya saat mencapai akhir transmisi. Dengan begitu, dapat memperbaiki setiap kesalahan yang mungkin terjadi dalam transfer data. Apa semua itu berarti Anda? Kejelasan. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan mendapatkan percakapan yang bebas distorsi dan gambar TV lebih jelas.

Sistem digital mempunyai banyak kelebihan berbanding sistem analog. Antaranya ialah:

* Lebih mudah untuk direka bentuk
* Penyimpanan data boleh dibuat dengan mudah
* Data yang dihasilkan lebih jitu dan tepat
* Operasi boleh diprogram
* Kurang dipengaruhi oleh hingar

Namun sistem ini juga mempunyai beberapa kelemahan, contohnya :

* Tidak menggambarkan keadaan sebenar karena hampir kesemua kuantitit adalah dalam bentuk analog
* Memerlukan satu dan adakalanya kedua-dua penukar untuk memproses isyarat dalam bentuk analog dan digital. Ini akan merumitkan reka bentuk litar dan menambahkan biaya pembuatan.



ya, analog dapat memberikan kualitas suara yang lebih baik dari digital ... untuk saat ini. Digital menawarkan kejelasan yang lebih baik, tapi analog memberikan kualitas yang lebih kaya.
Namun seperti teknologi baru, digital memiliki beberapa kekurangan. Karena perangkat terus-menerus menerjemahkan, coding, dan pemasangan kembali suara Anda, Anda tidak akan mendapatkan kualitas suara yang sama kaya seperti yang Anda lakukan dengan analog. Dan untuk saat ini, digital masih relatif mahal. Tapi perlahan, digital-seperti VCR atau CD-adalah biaya turun dan keluar dalam segala hal dari ponsel ke piring satelit.


Analog kenapa analog lebih sulit dari digital?
1. digital hanya mempertimbangkan speed, power dissipation analog harus memepertimbangkan speed, power dissipation, gain, precission, supply voltage dsb
2. Analog lebih sensitif terhadap derau/noise, crosstalk dan interferensi (kecepatan & presisi)
3. jarang yang bisa diotomatisasi dalam perancangan seperti digital yang bisa di Lay out dan sintesis secara otomatis.
4. Modelling & Simulation untuk analog memerlukan pengalaman karena banyak efek dan perilaku yang “aneh”
5. Teknologi sekarang banyak digunakan dan dirancang untuk memproduksi produk digital, karena itu sulit kalau mau memproduksi yang analog.
Dalam konteks komputer (mesin komputer) maka analog dan digital dalam penerapannya yaitu: – Analog Computer Digunakan untuk data yang sifatnya kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik,seperti misalnya arus listrik,temperatur,kecepatan,tekanan,dll – Digital Computer Digunakan untuk data berbentuk angka atau huruf Keunggulan : – Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog – Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses – Dapat melakukan operasi logika – Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus – Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf,grafik maupun gambar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar